Senin, 18 Juli 2016

Tanam Perdana Pepaya Kube Tunas Kesuma Desa Tanjung Kesuma Purbolinggo Lampung Timur

Pada Senin 18 Juli 2016 Kube Tuna Kesuma menggelar Rangkaian Acara Pencanangan Gerakan Pemanfaatan Lahan Pekarangan & Tanam Perdana Pepaya  Program Kemitraan dengan Masyarakat . Acara ini di hadiri oleh Jajaran Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Timur,  Purwianto, S.Pd. Ketua Komisi 3 DPRD Kabupaten Lampung Timur sekaligus Ketua Forum Pemberdayaan Masyarakat Cemerlang Bersama Lampung Timur,  Drs. Maryono  Selaku Camat Purbolinggo,  Sugianto HS., Pengurus LPMD Tanjung Kesuma, Anggota  BPD Tanjung Kesuma, Pengurus Anggota Karang Taruna Kesuma, Pengurus dan Anggota Lumbung Paceklik Campur Sari, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda Desa Tanjung Kesuma dan warga masyarakat.

Mengawali acara ini Salim  Ketua Kube Tunas Kesuma menyampaikan latar belakang Kegiatan Tanam Perdana Pepaya ini merupakan bagian dari Gerakan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Warga Masyarakat desa. Ide Tanam papaya ini diprakarsai beberapa orang yang melihat masih besarnya potensi lahan pekarangan warga. Dengan izin Allah SWT. , niat ini kemudian mempertemukan kami kepada pihak ketiga yang bersedia menjamin pemasaran buah pepaya nanti jika panen.
Setelah melalui 5 kali pertemuan, dengan fasilitasi Pengurus Forum Pemberdayaan Masyarakat Cemerlang Bersama Bidang Ekonomi Kreatif dan Pengurus LPMD Seksi Perekonomian maka diaspakati untuk mewujudkan gagasan budidaya pepaya ini melalui sebuah wadah yang kami bentuk dan dinamai KUBE Tunas Kesuma.
Untuk menjamin budidaya ini bisa berlangsung serentak dan memudahkan penangan pasca panen, maka Kube Tunas Kesuma menggulirkan program kemitraan Budidaya Pepaya kepada warga Desa Tanjung Kesuma.

Pada tahap pertama ini kami akan melaksanakan penanaman 2000 batang pepaya khusus untuk  Dusun 6 Desa Tanjung Kesuma. Saat ini Kube Tunas Kesuma telah memiliki Kepengurusan yang berada di 6 Dusun di Desa Tanjung Kesuma. Pengurus ini berasal dari berbagai kalangan.  Kami berencana untuk mebudidayakan Pepaya sekurang kurangnya 12.000 batang untuk desa Tanjung Kesuma.  Kegiatan ini akan dilasanakan secara bertahap. Mengingat Organisasi ini baru kami bentuk,  maka tidak salah kiranya jika kami mohon dukungan dan bimbingan baik secara teknis dan kelembagaan dari semua pihak yang hadir saat ini.

“Secara khusus kami juga mohon arahan dari Bapak Kepala Desa Tanjung Kesuma dan jajaran Pemerintahan Desa, Pemerintahan Kecamatan Purbolinggo, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan dari Anggota DPRD Kab Lampung Timur.  Keinginan kami,  Kube Tunas Kesuma akan kami kembangkan ke Sub Bidang Pertanian, Peternakan, Perikanan, home industri, pertukangan, kerajinan dan jasa”, ujar Salim

Sugianto HS. Kepala Desa Tanjung Kesuma menyampaikan apresiasi atas upaya LPMD Tanjung Kesuma terkhusus Seksi Perekonomian Rakyat yang telah mendorong lahirnya KUBE Tunas Kesuma. Ia juga menghimbau pada masyarakat Desa Tanjung Kesuma untuk bisa bersama sama mendukung sekligus mengikuti kegiatan Kemitraan Budidaya Pepaya sebagai salah satu cara meninfkatkan pendapatan keluarga.

Dalam sambutannya,  Drs. Maryono  selaku Camat Purbolinggo menyatakan sangat mendukung program pemanfaatan lahan pekarangan ini dan mengajak bersama UPTD Perkebunan & Kehutanan untuk menghimbau masyarakat desa lain agar mencontoh konsep yang dikembangkan oleh Kube Tunas Kesuma. Sekalipun komoditasnya bisa saja tidak sama, namun konsep ini perlu dikembangkan di desa lain di Purbolinggo. Hal ini bertujuan agar wilayah warga di Kecamatan Purbolinggo bisa lebih produktif memanfaatkan lahan pekarangan.

Dalam Sambutan Ibu Supiyah mewakili Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Lampung Timur menyatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Kube Tunas Kesuma. Karena kegiatan ini lahir dari masyarakat sendiri, semoga kegiatan akan berkembang ke depan. Ia mengajak seluruh pihak khususnya Pemerintah Kecamatan, UPTD, dan seluruh elemen untuk mendukung dan bergotong royong membangun Lampung Timur.

Purwianto S.Pd. selaku Ketua Komisi 3 DPRD Kab. Lampung Timur Sekaligus Ketua Umum Forum Pemberdayaan Masyarakat  “Cemerlang Bersama” Lampung Timur menyampaikan rasa optimis terhadap kegiatan yang di laksanakan Kube Tunas Kesuma. Ia menyitir bahwa selama ini banyak kelompok di bentuk karena program pemerintah, namun tidak berjalan sesuai harapan.  

“Kube Tunas Kesuma ini dibentuk atas keinginan warga masyarakat maka punya potensi besar untuk berkembang. Secara pribadi dan kelembagaan saya mengaprsiasi, mendukung sekaligus mengupayakan agar niat baik kawan-kawan ini bisa terwujud. Apalagi tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, ujarnya.

Purwianto juga menegaskan kepada Jajaran Dinas dan Instansi terkait untuk melihat dan member perhatian secara khusus kepada Kelompok-kelompok yang dibentuk atas inisiatif warga masyarakat semacam ini. Ini adalah tanggung jawab bersama antara Pemerintah dan elemen lain untuk mendukung gerakan yang dilakukan oleh masyarakat.

Usai acara sambutan-sambutan dilanjutkan dengan acara Pengambilan Sumpah Janji Pengurus Kube Tunas Kesuma & Penyerahan  Salinan SK Pengurus Kube Tunas Kesuma. Acara ini di pimpin  Kepala Desa Tanjung Kesuma.

Penyerahan Secara Simbolis Bibit Pepaya Kepada Pengurus Kube Tunas Kesuma Tingkat Dusun oleh Camat Purbolinggo.

Persemian Sekretariat Kube Tunas Kesuma Desa Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo Kab. Lampung Timur ditandai dengan pembukaan Tirai Plang Sekretariat Oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Timur.

Seremonial berikutnya adalah Pelepasan Balon Tunas Kesuma yang dilakukan oleh Purwianto S.Pd.  Ketua Komisi 3 DPRD kab Lampung Timur. Acara ini dilakukan untuk Menandai Dimulianya Program Kemitraan Budidaya Pepaya Bersama Masyarakat.

Sebelum dilakukan Penanaman, Saryono (Wakil Ketua Kube Tunas Kesuma) menjelaskan Teknis Penanaman papaya.

Acara terakhir Penanaman Perdana Pepaya. Acara ini diawalai oleh Ibu Supiyah Dinas Sosial Tenaga Kerja Kab. Lampung Timur,  Diikuti Oleh  Bapak  Purwianto S.Pd., Bapak Maryono, Bpk Sugianto HS., Kepala UPTD Perkebunan & Kehutanan, Pengurus FPM Cemerlang Bersama, Ketua Karang Taruna, Ketua BPD, LPMD tanjung Kesuma dan Pengurus KUBE Tunas Kesuma Dusun 1 sampai 6.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar