Minggu, 31 Juli 2016

Sosialisasi Kemitraan Budidaya Pepaya Kube Tunas Kesuma Dusun V Tanjung Kesuma


Minggu 31 Juli 2016, Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Tunas Kesuma Dusun V Tanjung Kesuma Purbolinggo Lampung Timur melaksanakan acara sosialisasi Kemitraan Budidaya Pepaya.  Acara yang dilaksanakan di Kediaman Sulaiman (Ketua Kube Tunas Kesuma Dusun V Sub Bidang Budidaya Pepaya) ini dihadiri 40 warga setempat.

Hadir dalam kesempatan itu perangkat Desa Tanjung Kesuma, Pengurus LPMD dan Anggota BPD Tanjung Kesuma, Tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Acara yang difasilitasi oleh Ahmad Khusaini (Ketua Krang Taruna Kesuma Dirgantara) ini bertujuan untuk memberikan penjelasan awal mengenai gerakan pemanfaatan lahan pekarangan untuk tanaman Produktif.


Suyatno SP. (Seksi Perekonomian LPMD Tanjung Kesuma) memaparkan tentang fenomena kebutuhan hidup, pengeuaran, pendapatan dan fakta kegiatan yang bersifat Konsumtif masih lebih banyak ketimbang kegiatan produktif. Kemudian mengajak warga untuk memanfaatkan pekarangan seabagai upaya untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Dadang Suryana (Pengurus Kube Tunas Kesuma) memaparkan tentang perbandingan  tentang komoditas yang sudah di lakukan warga dan peluang pemanfaatan lahan untuk ditanami pepaya sebagai salah satu jenis tanaman hortikultura yang memiliki nilai ekonomi, potensi pasar dan dukungan kelembagaan dari Kube Tunas 

Kesuma. Dadang juga mengajak warga untuk sama sama menganalisa potensi biaya produksi pepaya dan potensi hasil yang bisa dihasilkan dari budidaya pepaya.

Saryono (Wakil Ketua Kube Tunas Kesuma) menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan teknis budidaya. Mulai dari penentuan lokasi tanam, aturan pembuatan 
lubang tanam, Jarak tanam, pemupukan, pemeliharaan hingga proses pemanenan. 

Saryono menekankan bahwa keberhasilan budidaya pepaya sangat tergantung faktor pemeliharaan oleh anggota kemitraan.

Pada sesi berikutnya Tri Hendro Susanto (Pengurus Kube Tunas kesuma) menjelaskan alasan mengapa perlu berkelompok dan keuntungan yang bisa didapatkan warga masyarakat ketika menjadi anggota kelompok. Alasan Pemasaran dan pemecahan persoalan menjadi alasan utama kenapa budidaya pepaya di Desa Tanjung Kesuma ini dilakukan melalui mekanisme kelompok.

Tri Hendro Susanto juga mengajak warga Dusun V untuk melihat proses pembentukan KUBE Tunas Kesuma sebagai bentuk kesungguhan untuk menyelenggarakan program kemitraan budidaya pepaya di Tanjung Kesuma. Ia juga memperlihatkan dokumentasi acara Tanam Perdana Pepaya sebagai Pencanangan Gerakan pemanfaatan lahan pekarangan yang sudah dilaksanakan pada beberapa waktu sebelumnya.

Sulaiman selaku Ketua Kube menyampaikan apresiasi kepada tim sosialisasi yang 
telah menjelaskan teknis dn pelaksanaan program kemitraan pepaya. Ia juga 
menyampaikan antusiasme warga di Dusun V yang ingin segera memulai gerakan 
penanaman pepaya disunnya.

Widodo (Wakil Ketua LPMD Tanjung Kesuma) memaparkan apresiasi dan dukungannya terhadap program kemitraan budidaya pepaya yang diharapkan bisa menunjang peningkatan keejahteraan masyarakat.

Suyanto (Petani Pepaya asal Kecamatan Marga Sekampung Lampung Timur) 
menceritakan proses budidaya yang sudah dilakukan oleh warga di Kecamatan nya sejak tahun 1996.  Ia menyampaikan bahwa budidaya pepaya memiliki potensi hasil yang menjanjikan. Iapun berpesan agara kegiatan budidaya ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Asep Sutrisna (Anggota BPD Tanjung Kesuma) juga menyatakan apresiasi dan 
dukungan kepada program kemitraan yang di laksanakan KUBE Tunas KEsuma bersama masyarakat. Ia pun menghimbau agar program ini jangan sampai berhenti ditengahjalan. Karena program budidadaya pepaya ini bisa membantu meningkatkan pendapatan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar