Rabu, 10 Agustus 2016

Meraup Rupiah dari Tiap Jengkal lahan Pekarangan

Usia Tatang tak muda lagi. Namun ia memiliki tekad dan semangat memanfaatkan setiap sudut halamam rumah dan pekarangannya agara lebih produktif. Warga yang saat ini dipercaya menjadi Ketua RT 6 Dusun II Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo ini sejak tahun 1996 menanam berbagai jenis sayur mayur di sekitar rumah kediamannya.

Bagi ayah 5 orang anak ini menanam timun, timun suri, pare, terong, seledri sudah menjadi bagian dari aktifitas hidupnya sehari hari. Ditanah pekarangan yang berukuran 1000 meter persegi ini ia dan keluarga bisa mendapat penghasilan.

Sebagai contoh Tatang pernah menanam timun 5 baris panen timun menghasilkan 600 kg. Menanam seledri di polybag dan dijual Rp.10.000,-/polybag. Dan masih banyak contoh lain yang dihasilkan oleh Tatang dari halam dan pekarangan rumahnya.

Untuk memasarkan hasil sayur mayur ini Tatang di bantu istrinya menjual dengan cara berkeliling di sekitar desa Tanjung Kesuma. Sesekali sayuran dari kebunnya juga dibeli oleh pedagang pengumpul.

Tatang mengaku dengan memanfaatkan halaman dan lahan pekarangan rumahnya, ia bisa mencukupi kebutuhan hidup keluarganya.


Ia pun berharap agar warga lain bisa memanfaatkan halaman atau lahan pekarangan di sekitar tempat tinggalnya. Selain bisa sebagai pengisi waktu luang, juga bisa mendapat penghasilan tambahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar