Senin, 05 September 2016

Cara Membuat Guludan Pada Tanaman Pepaya

Memasuki usia 1 bulan sejak tanam, tanaman pepaya perlu mendapat perlakuan khusus yaitu pembuatan guludan.

Tanah di sekitar lubang awal tanaman pepaya perlu di buat guludan. Cara yabg dilakukan adalah dengan menggemburkan tanah di luar lubang tanam (saat tanam dibuat lubang dengan ukuran Panjang 50 x  lebar 50 cm dengan kedalaman 40 cm).
Seperti yang dilakukan Salim warga Dusun VI Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur, membuat guludan pada tanaman pepaya miliknya yang berumur 1 bulan.
Manfaat Pembuatan Guludan pada Tanaman Pepaya Bangkok
Dalam budidaya pepaya, pembuatan guludan bisa memberikan beberapa kelebihan terutama bagi tanaman pepaya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat pembuatan guludan yang dirangkum dari beberapa sumber.
Fungsi guludan adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengurangi persaingan makanan antara tanaman utama dengan gulma rumput rumputan yang berakar pendek. Guludan ini dilakukan dengan pengurukan tanah sehingga perakaran gulma rerumputan tidak bersaing langsung dengan perakaran tanaman
2. Menyediakan parit parit irigasi sehingga mengurangi erosi tanah dan pupuk pada permukaan tanaman dan mencegah terendamnya akar tanaman
3. Menghambat aliran permukaan
4. Memperbesar penyerapan air ke tanah
Sedangkan menurut Sukartaatmadja (2004), teras adalah bangunan konservasi tanah dan air secara mekanis yang dibuat untuk memperpendek panjang lereng dan atau memperkecil kemiringan lereng dengan jalan penggalian dan pengurugan tanah melintang lereng. Tujuan pembuatan teras adalah untuk mengurangi kecepatan aliran permukaan (run off) dan memperbesar peresapan air, sehingga kehilangan tanah berkurang.
Teras berfungsi mengurangi panjang lereng dan menahan air, sehingga mengurangi kecepatan dan jumlah aliran permukaan, dan memungkinkan penyerapan air oleh tanah. Dengan demikian erosi berkurang. (Arsyad, 1989).
Menurut Yuliarta et al (2002), manfaat teras adalah mengurangi kecepatan aliran permukaan sehingga daya kikis terhadap tanah dan erosi diperkecil, memperbesar peresapan air ke dalam tanah dan menampung dan mengendalikan kecepatan dan arah aliran permukaan menuju ke tempat yang lebih rendah secara aman.
Beberapa teknik konservasi tanah dengan teras sering adalah : teras bangku, teras kredit, individu. Dari teknik konservasi tersebut di atas salah satu teras guludan merupakan konservasi tanah yang relatif mudah dan murah biayanya. Hal ini lebih dapat di laksanakan oleh petani dengan keterbatasan modal yang dimiliki oleh petani pada umumnya.
Source Article: 
Source Article: BebasBanjir2015, http://bebasbanjir2025.wordpress.com/teknologi-pengendalian-banjir/teras-2/
Greenspirit.blogspot.com http://greenspiritblog.blogspot.com/2012/04/upaya-konservasi-di-kawasan-lahan.html
http://scicrea-farm.blogspot.com/2014/02/source-article-bebasbanjir2015.html&ei=RDYrJi_V&lc=id-ID&s=1&m=31&host=www.google.co.id&ts=1473076275&sig=AKOVD65ocIeAlSazT9LEa29ybS4E2qXRNQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar